Efek Tahun Baru hingga Pemilu, Bisnis Logistik Indonesia Diprediksi Kian Cerah

Sektor logistik nasional, termasuk jasa pengiriman ekspres, diprediksi menggeliat lagi seiring dengan sejumlah katalis positif, mulai dari kembali beroperasinya TikTok Shop dalam persaingan e-commerce Tanah Air, tren permintaan barang di akhir tahun, momen tahun baru, hingga gelaran Pemilu 2024.

Ketua Umum Asosiasi Perusahaan Jasa Pengiriman Ekspres Indonesia (Asperindo) M. Feriadi Soeprapto mengatakan banyak sentimen positif jelang akhir tahun ini yang bisa mengangkat pertumbuhan permintaan jasa pengiriman ekspres yang pada akhirnya mendorong sektor logistik nasional bertumbuh.

Pertama, landskap e-commerce nasional akan kembali ramai dengan hadirnya TikTok Shop Indonesia mulai Senin 11 Desember lalu setelah media sosial TikTok besutan ByteDance itu berkolaborasi dengan Tokopedia milik Grup GoTo.

Seperti diketahui, TikTok Shop pada 4 Oktober lalu sempat ditutup mengikuti aturan Kementerian Perdagangan (Kemendag). Penutupan tersebut sempat memicu kekhawatiran terjadi pemutusan hubungan kerja (PHK) di sektor jasa pengiriman cepat, akibat penurunan permintaan pengiriman barang hasil transaksi di TikTok Shop.

Namun dengan hadirnya kembali sinergi TikTok-Tokopedia, di mana keduanya memiliki pangsa pasar cukup besar di Tanah Air dinilai akan berdampak pada sektor turunannya, termasuk jasa pengiriman cepat.“Tahun ini, industri logistik atau jasa pengiriman mengalami pertumbuhan di atas 20 persen. Salah satunya terdapat potensi kiriman untuk logistik KPU (Komisi Pemilihan Umum). Di samping itu dengan adanya kerja sama GoTo dan TikTok juga akan dapat meningkatkan jumlah pengiriman, saya melihatnya kerja sama mereka akan positif buat pertumbuhan jasa pengiriman” kata Feriadi dikutip Kamis (28/12/2023).

About the Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like these

id_IDIndonesian